KPU Serahkan 20 Soal Debat Pilpres, Pramono: Tidak Ada Alasan Menunda

Jakarta, PANRITA.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyerahkan 20 soal debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 kepada TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi kepada wartawan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

“Pada intinya, soal kami serahkan hari ini. Saya pikir tidak ada alasan untuk menunda-nunda penyerahan soal lebih dari hari ini,” katanya.

Menurut Pramono, 20 soal ini sudah selesai dibahas dan ditajamkan bersama enam orang panelis. Dia pun menegaskan 20 soal diserahkan sebagai bentuk kisi-kisi kepada kedua paslon capres-cawapres dan bukan merupakan soal pilihan ganda.

“Ini soal bukan multiple choice, bukan juga soal yang menuntut hafalan. Sebab, debat ini bukan lomba pidato,” tambah Pramono. 

Dia melanjutkan, tujuan utama debat capres-cawapres adalah mendalami visi, misi dan program masing-masing paslon. Dengan demikian, format pertanyaan dan format debat didesain untuk bisa secara jelas menyampaikan muatan itu. 

“Supaya semua visi dan misi para calon pemimpin bisa tersampaikan dan diterima oleh masyarakat,” tambahnya. 

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menampik kritikan yang menyebut debat capres-cawapres Pemilu 2019 sebatas menjawab soal yang kisi-kisinya sudah disampaikan. Menurut Arief, debat mendatang justru lebih interaktif bagi masing-masing pasangan capres-cawapres. 

Leave a Reply