Timses Jokowi-Ma’ruf Sebut Ada Upaya Merusak Kredibilitas dan Legitimasi KPU

Jakarta, PANRITA.News – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin curiga ada serangkaian manuver berbahaya terhadap KPU. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/1/2019). Ia menduga manuver tersebut bertujuan merusak kredibilitas KPU.

“Saya melihat serangkaian manuver berbahaya untuk merusak kredibilitas dan legitimasi KPU sebagai penyelenggara pemilu yang mandiri,” ujarnya.

Ace menerangkan kecurigaannya itu berdadarkan dari beberapa kasus yang belakangan ini menimpa KPU. Seperti hoax 7 kontainer surat suara yang sudah tercoblos hingga keputusan KPU terkait debat capres-cawapres yang dituding berpihak. 

Ace menduga, dengan manuver tersebut, ada pihak yang sengaja ingin merusak kredibilitas KPU sebagai lembaga independen. Kendati demikian, dia enggan secara gamblang menunjuk pihak yang bermanuver tersebut. 

“Serangan itu bertujuan merusak kredibilitas KPU sebagai lembaga independen. Dengan tujuan akhirnya semua putusan KPU dianggap partisan. Dan ini menjadi pintu masuk untuk mendelegitimasi pemilu,” katanya. 

Menurut politikus Golkar itu, manuver-manuver tersebut jelas berbahaya bagi demokrasi Indonesia. Padahal, seperti yang kerap disampaikan Presiden Jokowi, pemilu merupakan pesta demokrasi yang harus diisi dengan politik kegembiraan, politik akal sehat, dan politik gagasan. Bukan politik menghancurkan secara membabi buta.

“Jelas manuver ini sangat berbahaya bagi demokrasi. Untuk mencapai tujuan politik dilakukan dengan menghalalkan segala cara, pembodohan politik dengan melakukan sandiwara dan menebar kebohongan serta narasi-narasi negatif tentang KPU dan pemilu,” pungkas Ace.

Tinggalkan Komentar