Di depan Ketua Bawaslu, Kejati Apresiasi Kinerja Gakumdu Sulsel

Makassar, PANRITA.News – Di depan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel) Laode Arumahi, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Tarmizi memberikan apresiasi atas kinerja Sentral Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Apresiasi tersebut disebutnya karena Gakumdu sudah berhasil mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 lalu. Dimana, pada bulan Juli 2018 lalu dilaksanakan serentak Pemilu 12 kabupaten kota ditambah Pilgub.

Hal tersebut disampaikan langsung Kajati didampingi Aspidum R. Narendra, SH.LLM ketika menerima Ketua dan anggota Bawaslu Sulsel di ruang kerjanya, Selasa (8/1/2019). 

Hadir dalam audiance tersebut, Ketua Bawaslu Sulsel H. Laode Arumahi, Azry Yusuf, Adnan Jamal, Saiful Jihad, Hasmaniar dan Asradi. Selain itu, hadir pula Kepala Sekretariat H. Sudirman Rahim dan Kasubag Muchlis Mas’ud.

Tarmizi meminta Bawaslu dan unsur Gakumdu lainnya untuk terus melakukan sosialisasi peraturan perundang-undanganngan Pemilu. Sosialisasi itu menurutnya bukan hanya di jajaran penyelenggara, tetapi juga kepada peserta atau Parpol dan pemilih sebagai langkah pencegahan.

Menurutnya, Bawaslu harus terus membangun sinergisitas dengan kepolisian dan kejaksaan, terutama menghadapi Pemilu 2019. 

“Perkuat alat bukti, jangan ragu siapapun pelapor maupun terlapornya, kami akan tetap support penegakan hukumnya,” tegas Tarmizi, melalui keterangannya.

Selain itu, Kajati Sulselbar juga meminta agar Bawaslu dan KPU, tetap menjaga hubungan yang harmonis sesama penyelenggara dan menjaga netralralitas. Meskipun menurutnya, penyelenggara seringkali beda persepsi dalam pelaksanaan tupoksinya masing-masing.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut, Bawaslu meminta kesediaan Kajati untuk menjadi narasumber pada Rakor Gakumdu Sulsel dalam waktu dekat ini, dan Kajati Tarmizi menyatakan bersedia hadir.

Leave a Reply