Resmikan Balla Caradde’, KPU Gowa Gelar Dialog Akhir Tahun

Gowa, PANRITA.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menggelar Dialog akhir tahun dan Syukuran Rumah Pintar atau Balla Caradde’ di Aula Kantor KPU Gowa, di Jl. Andi Mallombasang No. 69 Sungguminasa, Gowa (31/12/2018).

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengungkapkan, Dialog Akhir Tahun ini dilaksanakan sebagai media curah pendapat bagi seluruh pihak yang akan menjadi pilar suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019, khusunya di Kabupaten Gowa.

“Sedangkan Balla Caradde’, merupakan penamaan untuk program Rumah Pintar yang diadakan sebagai pusat informasi dan media edukasi Kepemiluan bagi teman-teman LSM, Pelajar, Mahasiswa, dan seluruh pihak dan masyarakat umum di Kabupaten Gowa” jelas pria yang karib disapa Ute ini.

Menurut Ute, program Rumah Pintar ini pertama kali diadakan oleh KPU RI pada tahun 2016, namun saat itu KPU Gowa belum diberikan ruang untuk pengadaan Rumah Pintar ini. Sehingga pihaknya menginisiasi adanya Mobil Pintar atau lebih populer dengan nama Oto Caradde’ (Oca) pada tahun berikutnya.

“Berkat adanya mobil operasional milik Pemda Gowa yang dipinjamkan, sehingga pada tahun 2017 KPU Gowa bisa mengadakan Oto Caradde’ telah beroparasi dan menjangkau 18 kecamatan di Kabupaten Gowa” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H Muchlis yang turut hadir mewakili Bupati Gowa mengemukakan apresiasinya atas acara yang digelar KPU Gowa ini.

“Rumah Pintar ini menjadi simbol bagi kita di Gowa. Bahwa dengan ini kita naik peringkat, yang awalnya disebut-sebut sebagai zona merah, dan berdasarkan penyelenggaraan Pilkada 2018 lalu kita buktikan, Kabupaten Gowa sudah berada di zona hijau” pungkasnya.

“Dengan modal itu, dengan kebersamaan ini, kita perlu pastikan, pada Pemilu 2019 mendatang, hal yang sama bisa terulang” tambah Muchlis.

Ketua KPU, Muhtar Muis (Keenam dari kiri) bersama Sekda, Kasdim, Wakapolres, Ketua Bawaslu, Sekretaris KPU, dan Anggota KPU Gowa dalam peresmian Balla Caradde, Sungguminasa (31/12/2018)

Turut hadir pula sebagai pembicara dalam kegiatan ini diantaranya perwakilan Polres Gowa, Kodim Gowa, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Panrita.news, kegiatan ini dihadiri kisaran 70 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Seperti perwakilan dari unsur pimpinan lintas instansi, partai politik, pihak kemanan (TNI-Polri), awak media, dan penyelenggara di tingkat kecamatan di Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Gowa mewakili Bupati Gowa melakukan peresmian Balla Caradde’ atau Rumah Pintar KPU Gowa yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Leave a Reply