Detik-detik Para Juara ‘Smash’ Tegang di Ruang Tes CPNS

Jakarta, PANRITA.News – Kevin Sanjaya bersama 16 rekan atlet bulutangkis lainnya mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jakarta. Mereka nampak jauh berbeda dengan berpakaian rapi kemeja hitam dilengkapi celana kain hitam. Raut wajah serius begitu terasa saat mereka mengerjakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut.

Selain Kevin, nama-nama pemain bulu tangkis andalan Indonesia seperti Anthony Sinisuka Ginting, Marcus Fernaldi Gideon, Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Marcus mengikuti tes CPNS di Gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Selain itu, adapula Jonatan Christie, Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Apriyani Rahayu, Debby Susanto, Ricky Karanda Suwardi, Ruselli Hartawan, Hafiz Faizal, Rizki Amelia Pradipta dan Della Destiara Haris yang turut ambil bagian.

Mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi PNS setelah meraih prestasi di Asian Games Incheon 2014, SEA Games Singapura 2015, Olimpiade Rio de Janeiro 2016, SEA Games Kuala Lumpur 2017 serta Asian Games Jakarta dan Palembang 2018.

Bagi Anthony dan Marcus kesempatan itu menjadi pengalaman unik bagi mereka. Anthony mencari tahu dari saudara-saudaranya sebelum menjalani tes.

“Ujiannya cukup sulit, tapi kalau saya mengerjakannya tanpa beban. Ada seratus soal, pilihan ganda dan susah semua, ha ha ha. Terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberi perhatian dan penghargaan kepada para atlet berprestasi,” kata Marcus.

Anthony Ginting mengaku kepayahan mengerjakan soal matematika dan undang-undang.

“Sebelumnya saya sudah nanya-nanya ke keluarga saya tentang ujian CPNS, ke kakak saya, dia tau juga tentang ini. Tadi soal paling sulit mengenai undang-undang, karena saya tidak hafal isi pasal dan ayatnya. Soal matematikanya juga cukup sulit, semoga hasil ujian saya bagus,” kata Anthony menimpali.

Selain nama-nama di atas, delapan pebulutangkis lain akan menjalani ujian susulan. Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Firman Abdul Kholik, Panji Ahmad Maulana, Berry Angriawan, Hardianto, Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani masih berada di Gwangju untuk mengikuti turnamen Korea Masters 2018.

Selain SKD, para atlet berprestasi yang terhitung 75 orang tersebut juga mengikuti tahapan lain pada seleksi CPNS 2018 yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan wawancara dan juga pemberkasan. Hal tersebut dilaksanakan karena jadwal kejuaraan Internasional para Atlet yang padat sehingga akan lebih sulit jika dilakukan dalam waktu yang berbeda.

Leave a Reply