Rumah DP 0 Rupiah Ditiru Pemerintah Pusat, Anies Baswedan Mengaku Senang

Jakarta, PANRITA.News – Pemerintah pusat diwacanakan tengah berencana menyediakan rumah layak huni degan skema DP 0 rupiah bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri.

Saat ini, pemerintah sedang menginventarisasi lahan kosong aset seluruh lembaga/kementerian yang ada. Setelah itu, pemerintah bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta untuk membangun rumah di lahan itu.

Rumah yang dimaksud tergantung letaknya. Apabila di Jakarta dan sekitarnya, berbentuk rumah susun. Apabila di luar Jakarta, kemungkinan besar adalah rumah tapak. Pemerintah akan memberikan insentif bagi pengembang yang membangun rumah sekaligus lembaga keuangan yang bertanggung jawab akan pembiayaannya

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merasa senang program rumah tanpa uang muka (down payment/DP) nol rupiah akan diadopsi pemerintah pusat. Artinya, program tersebut dapat diterima bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Alhamdulillah. Artinya ini membuktikan pendekatan untuk penyediaan rumah murah memang bisa dilakukan. Nah saya bersyukur, mudah-mudahan ini benar-benar bisa bermanfaat untuk semua,” kata Anies, di Jakarta, Sabtu (10/11).

Bila dulu banyak yang mengkritik bahwa program rumah DP nol rupiah adalah sesuatu yang tidak mungkin, dengan diadopsi pemerintah pusat, akan lebih banyak lagi rakyat merasakan kepemilikan rumah terjangkau.

“Dulu kan banyak kritik, bahwa ini tidak mungkin ada rumah DP nol rupiah. Nah ini nyatanya mungkin. Dan lebih banyak lagi yang merasakan manfaat dari pendekatan ini, menurut saya makin baik,” ujarnya.

Anies tidak mempermasalahkan hal meski nantinya ada sedikit perbedaan program rumah DP nol rupiah Pemprov DKI dengan pemerintah pusat. Yang utama, arah program tersebut tetap memudahkan warga mempunyai rumah.

“Jadi saya apresiasi sekali, bahwa perumahan menjadi perhatian pemerintah. Karena salah satu yang memberatkan orang untuk memiliki rumah adalah membayar DP. Selama ini mereka bekerja, belum tentu sanggup menabung untuk DP. Jadi pembebasan DP itu merupakan terobosan yang bermanfaat bagi semua,” terangnya.

Tinggalkan Komentar