Sandiaga Uno Siap Jadi Pembeli Pertama Mobil Esemka

Jakarta, PANRITA.News -Kehadiran mobil Esemka yang disebut-sebut bakal menjadi mobil nasional Indonesia, mengundang antusiasme masyarakat untuk segera membeli.

Bahkan, salah satunya adalah Sandiaga Uno pesaing calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah siap membeli Esemka dan bakal bangga mengendarai mobil tersebut.

“Kalau bicara mengenai mobil nasional, selalu romantis. Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggaan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama,” kata Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 itu dalam diskusi tentang impor di media center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru.

“Buat saya, ini adalah bentuk keberpihakan. Tapi jangan dipolitisasi nih, ini suatu kebanggaan. Yang menjadi prioritas sekarang adalah membangun industri yang memiliki nilai tambah yang besar,” ujar Sandiaga.

Kabar peluncuran mobil Esemka semakin dekat mencuat ketika Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyebut delapan model Esemka sudah melakoni Uji Tipe dan lulus.

Artinya dalam waktu dekat Esemka bakalan masuk ke jalur produksi dan siap diluncurkan.

Pernyataan kemunculan Esemka semakin dekat diperkuat oleh pernyataan Staf Khusus Presiden Joko Widodo Diaz Hendropriyono. Diaz membeberkan kalau Esemka paling lambat meluncur akhir 2019.

Mobil pun kata Diaz diproduksi di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali. Ia juga menampik tudingan Esemka merupakan mobil China yang diganti emblemnya saja.

“Nggak mungkin dong kaya gitu (impor mobil China dan ganti emblem). Namanya bukan produk lokal dong,” tutur Diaz.

Tinggalkan Komentar