Fadli Zon Nilai Mobil Esemka Sebagai Contoh Politik Kebohongan

Jakarta, PANRITA.News – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengomentari rencana produksi mobil Esemka oleh pemerintah. Menurut Fadli, isu produk Esemka hanya bagian dari bagian politik kebohongan.

“Ya ini jangan menjadi sebuah kebohongan baru ya, kita dibohonginya cukup lama bertahun-tahun. Keledai aja dibohongi hanya dua kali,” Sindir Fadli dalam laman Merdeka.com, Selasa (23/10).

Fadli meminta pemerintah tak terus-terusan membohongi rakyat, khususnya masalah produksi mobil Esemka. Dia menduga peralatan mobil tersebut adalah produksi luar negeri.

“Jadi ini apa-apaan jangan membohongi rakyat mau membuat produksi nasional tapi kenyataannya bukan dan juga jangan nanti itu produksinya dari luar negeri cuma kita branding semua peralatan-peralatannya onderdil dan sebagainya suku cadangnya itu dari luar tapi kita hanya merakit itu juga beda dengan produksi nasional,” tambahnya.

Bahkan, Fadli menyebut mobil Esemka sudah menjadi bahan pencitraan pemerintah sejak dulu. Padahal, kata dia, sudah banyak masyarakat yang mengharapkan keberadaan mobil tersebut.

“Oleh karena itu lah masyarakat mempunyai harapan, mempunyai hope bahwa akan ada mobil nasional, industri nasional, mobil yang memang produksi kita sendiri dan kita sangat-sangat mendukung apalagi kalau itu yang membuat adalah anak-anak bangsa anak-anak muda,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding yang juga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Abdul Kadir Karding menyatakan kemunculan mobil Esemka jelang Pilpres 2019 hanya kebetulan saja.

“Soal kritik munculnya ketika mau Pilpres itu, kayaknya kebetulan saja. Tapi faktanya yang penting sekarang sudah ada,” kata Karding.

Karding menambahkan bahwa produksi mobil Esemka sekaligus guna mengakomodir keahlian yang ada di setiap sekolah.

“Jadi ini harus didorong bersama agar nanti bisa kompetitif di pasar,” tambahnya.

Sebelumnya, Esemka merupakan merek mobil buatan Indonesia yang melambungkan nama Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Adapun beberapa pemberitaan menyebutkan bahwa mobil Esemka sudah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

Tinggalkan Komentar