Gerhana Bulan Total, Kemenag: Salat Gerhana dan Zikir Tetap Terapkan Prokes

Jakarta, PANRITA.News – Berdasarkan data astronomi, akan terjadi gerhana bulan total atau Khusuful Qamar, pada Rabu (26/5/2021). Gerhana diperkirakan berlangsung mulai pukul 18.09 – 20.51 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sehubungan dengan itu, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama mengimbau agar umat Islam melakukan salat sunnah gerhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Salat Gerhana,” jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Salat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Salat Maghrib sampai selesai Gerhana sesuai dengan waktu di atas,” ujar Kamaruddin.

“Karena masih pandemi, Salat Gerhana agar diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar