Karena Banyak Keluhan Langgar Rambu Lalu Lintas, Anggota DPR RI Diberi Plat Khusus

Makassar, PANRITA.News – Setiap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendapakan kode pelat nomor kendaraan yang berbeda dari plat kendaraan pada umumnya.

Plat kendaraan itu disesuaikan dengan komisi tempat tugas mereka masing-masing. Sementara untuk pimpinan DPR RI ditetapkan ketentuan yang berbeda.

Dilansir dari CNNIndonesia, Plat nomor kendaraan khusus tersebut melalui peraturan sekretaris jendral DPR dan telegram Kapolri.

“[Tergantung] Kode anggota, nomor anggota masing-masing. Beda sama pimpinan dan pimpinan AKD,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni kepada seperti dikutip dari CNNIndonesia

Kata Sahroni, Nomor atau angka III berarti mewakili komisi anggota DPR, seperti dirinya yang saat ini bertugas di komisi III, sementara angka 9 mewakili nomor urut alat kelengkapan dewan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pemberian pelat nomor khusus kepada anggota DPR ditetapkan agar kendaraan anggota dewan mudah dikenali di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, dan di jalan.

“Karena banyak kemarin, banyak keluhan katanya itu mobil anggota DPR yang melanggar rambu jalan, lampu merah, tapi itu tidak bisa dibuktikan apa betul. Tapi, kalau sudah pakai identitas dari institusi dan ada nomor anggotanya gampang dikenali, sehingga bisa ditindaklanjuti oleh MKD nanti diawasi publik,” kata Dasco, Jumat (21/5/2021)

Langkah ini kemudian menuai kritik dari organisasi masyarakat maupun netizen di media sosial. Anggota DPR dinilai bersikap eksklusif dan diberikan perlakuan khusus dengan pemberian pelat nomor itu.

Tinggalkan Komentar