Bank Sulselbar Terima Sertifikat Standar Keamanan Data Internasional ISO 27001

Makassar, PANRITA.News – Keamanan data nasabah di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sulselbar semakin terjamin. Hal tersebut dikarenakan, bank milik Pemprov Sulsel tersebut telah menerima sertifikat standar keamanan ISO/IEC 27001:2013.

Sertifikat diterima setelah sebelumnya dilakukan audit oleh badan sertifikat CBQA Global Indonesia.

Pemimpin Grup TI Bank Sulselbar, Muhammad Iqbal menjelaskan, sertifikat diperoleh karena perusahaan dinilai berhasil menerapkan sistem manajemen pengamanan informasi. Hal tersebut terukur dari pengimplementasian beberapa kontrol seperti kebijakan, prosedur, proses dan lainnya.

“Untuk memperoleh sertifikat ini, Bank Sulselbar sudah melakukan persiapan selama kurang lebih dua tahun. Dan selama proses pengajuan kami juga tetap melakukan evaluasi,” kata Iqbal, Sabtu, (20/3/2021).

Bank Sulselbar menjadi BPD kedua yang menerima Sertifikat ISO/IEC 27001:2013 setelah Bank Sumsel Babel di Indonesia. Serta, menjadi BPD pertama di Indonesia timur sebagai penerima sertifikat internasional.

Iqbal menerangkan, dalam penyelenggaraan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), faktor keamanan informasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena kinerja tata kelola TIK akan terganggu jika informasi yang merupakan salah satu objek utama mengalami masalah keamanan informasi.

“Salah satu kebijakan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi gangguan keamanan informasi adalah dengan menerapkan sistem pengamanan informasi itu,” pungkas Iqbal.

Tinggalkan Komentar