Menhub Pastikan Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2021

Ilustrasi mudik dengan menggunakan motor.Antara foto/Oky Lukmansyah/foc/16.

Jakarta, PANRITA.News – Pemerintah memastikan tidak ada pelarangan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran pada Mei 2021 nanti.

Perayaan Lebaran tahun ini diperkirakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI secara virtual, Selasa (16/3/2021).

“Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” kata Budi.

Namun, Budi Karya Sumadi menegaskan, bakal ada pengawasan yang ketat dalam arus mudik nanti.

Menurutnya, mekanisme untuk berpergian mudik pada libur Lebaran akan dibahas bersama Tim Gugus Tugas Covid-19, guna menekan penularan covid-19.

“Kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas terkait mekanisme mudik itu, kita atur bersama dengan pengetatan dan lakukan tracing terhadap mereka yang berpergian,” jelasnya.

Budi juga memastikan, jajarannya akan terus memantau proses angkutan lebaran 2021.

Dia memprediksi, pada tahun ini jumlah masyarakat yang hendak pergi mudik akan meningkat di tahun sebelumnya.

Hal ini, lanjut Menhub, didasari timbulnya rasa percaya diri masyarakat yang sudah melaksanan vaksinasi covid-19 sebelum pergi mudik.

Serta adanya kebijakan pemberian insentif Pajak Pembelian Barang Mewah atau PPnBM terhadap kendaraan roda empat.

“Angkutan lebaran kali ini pasti terjadi lonjakan. Adanya vaksinasi diprediksi membuat masyarakt ingin berpegian. Juga adanya PPnBM, serta GeNose yang murah, membuat confidence berpergian itu muncul,” jelas Budi.

Tinggalkan Komentar