Soal Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Kami Sudah Siaga dari Tahun Kemarin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pintu air Manggarai. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, PANRITA.News – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa, pihaknya telah mengantisipasi banjir yang terjadi pada 2021 ini sejak tahun-tahun sebelumnya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta telah bersiaga dan menyiapkan diri sejak tahun lalu dalam mengantisipasi potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, termasuk prediksi hujan deras pada 23-24 Februari mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melaporkan update penanganan banjir Jakarta di Pintu Air Manggarai, Minggu 21 Februari 2021.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya terus menegakkan protokol kesehatan di tempat pengungsian, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami sudah bersiaga selama persiapan dari tahun-tahun kemarin,” kata Anies, Minggu (21/2).

Ia mengklaim, seluruh jajarannya langsung bergerak ketika hujan turun dengan sangat deras.

“Indikasinya apa? Indikasinya kecepatan bergerak,” ujar Anies.

Ketika terjadi hujan, kata Anies, dalam waktu yang relatif singkat pihaknya bisa bekerja sama dengan masyarakat dan jajaran TNI-Polri.

“Untuk bisa segera surut, anda bisa saksikan sendiri, kita akan pertahankan tiga prinsip, satu siaga, dua waspada, tiga galang,” tegas Anies.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan agar warga Jakarta meningkatkan kewaspadaan karena pada 23-24 Februari mendatang terdapat potensi hujan lebat yang bisa menyebabkan banjir dan longsor.

Tinggalkan Komentar