HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Bersama Jurnal Laa Maisyir Gelar Kuliah Tamu

HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar Bersama Jurnal Laa Maisyir Gelar Kuliah Tamu

HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar Bersama Jurnal Laa Maisyir Gelar Kuliah Tamu.

Makassar, PANRITA.News – Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam Bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar menggelar kuliah tamu.

Saat ini, Laa Maisyir sudah terakreditasi dengan peringkat sinta 4. “Selanjutnya, peta jalan Laa Maisyir menjadi sinta 2 pada reakreditasi selanjutnya”, kata Sirajuddin Roy penyunting pelaksana Laa Maisyir.

Dalam kesempatan, Kamis 11 Februari 2021, mengundang Prof. Dr. Ali Saukah. Guru besar Universitas Negeri Malang.

Dipandu ketua penyunting Laa Maisyir, Ismail Suardi Wekke, kuliah tamu membahas mengenal plagiasme.

“Dimana plagiat ini, bisajadi dilakukan karena ketidaktahuan. Untuk itu Laa Maisyir dan HMJ Ekonomi Islam, mendiskusikan ini untuk dihindari,” tutur Ismail Suardi Wekke

“Jurnal merupakan ekosistem keilmuan, penerbitannya hanya salah satu ikhtiar. Termasuk dengan melakukan program edukasi penulis” kata Ismail.

Dalam kaitan itu, kata Ismail bahwa pelaksanaan kuliah tamu ini untuk memberikan edukasi kepada penulis. “Dampaknya, kualitas tulisan akan lebih baik dari waktu ke waktu,” tutur Ismail.

Sementara itu, Andi Muhammad Khaerul Isman selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengenal lebih dalam hal-hal yang berhubungan dengan plagiasi khususnya di kalangan mahasiswa.

Selanjutnya Khairul mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah tamu sebagai respond terhadap isu-isu yang belakangan ini hangat diperbincangkan. “Dimana ada kasus perbedaan pandangan terkait dengan plagiat,” tutur Khairul.

Kuliah tamu yang diadakan ini untuk dapat membantu mahasiswa dan juga dosen dalam mengenali jenis palgiarisme.

Sehingga karya tulis yang dibuat, dapat menghindari plagiasi. Khairul berharap “Semoga kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sehingga bisa membantu khususnya mahasiswa dalam dunia penulisan”, akhir Khairul.

Tinggalkan Komentar