Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) resmi menyerahkan nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit Prabowo setelahnya akan diuji kepatutan dan kelayakan di DPR untuk menjadi pengganti Idham Azis.

“Presiden Jokowi menyampaikan calon tunggal Bapak Doktorandus Listyo Sigit Prabowo Msi yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri,” kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Puan Maharani mengatakan, DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait nama calon Kapolri yang akan menggantikan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis pensiun pada 1 Februari 2021.

Surpres itu dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR pada Rabu siang ini.

“Kami berharap surat ditindaklanjuti oleh DPR secepat-cepatnya,” kata Pratikno.

Sebelumnya, Nama Listyo merupakan bagian lima nama yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden pada Kamis, 7 Januari lalu.

Mereka di antaranya Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Komisaris Jenderal Boy Rafly Amar, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto, dan Komisaris Jenderal Agus Andrianto. Presiden kemudian memilih satu nama untuk dikirim ke DPR agar mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Tinggalkan Komentar