Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Akhirnya Ditemukan

Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Akhirnya Ditemukan

Ilustrasi black box atau kotak hitam pesawat. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Jakarta, PANRITA.News – Tim SAR gabungan akhirnya menemukan kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ 182 Selasa (12/1/2021) sore.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, kotak hitam tersebut ditemukan di antara Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kotak hitam itu kemudian akan dikirim ke JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk ditindaklanjuti.

Selanjutnya setelah tiba di JICT, kotak hitam akan diserahkan ke tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk meneliti lebih lanjut.

Dengan ditemukan Black box yang berisi data penerbangan bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Sebelumnya, proses pencarian black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 mulai menemui titik terang.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat konferesi pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Minggu (10/1/2021).

“Dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut bisa dipantau dan sekarang sudah di-marking (ditandai),” ujar Hadi.

Sebagai informasi, Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Walaupun disebut kotak hitam, nyatanya black box dibalut warna yang terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Tinggalkan Komentar