Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Akan Kenalkan Calon Menteri Hari Ini

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo.

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memanggil calon menteri Kabinet Indonesia Maju untuk diperkenalkan kepada masyarakat sebelum reshuffle atau perombakan kabinet.

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, melalui pesan singkat, Senin (21/12).

Heru tak menyebut secara rinci waktu pengenalan calon menteri tersebut karena menyesuaikan dengan agenda Jokowi.

Namun, informasi yang beredar para calon menteri baru akan diumumkan hari ini dan dilantik pada Rabu (23/12/2020) besok.

Sebelumnya, Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju mulai berhembus di tengah masyarakat sepekan terakhir.

Isu reshuffle kabinet itu sempat dilontarkan salah oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan, kemungkinan besar Joko Widodo bakal merombak komposisi kabinet pada 23 Desember mendatang. Atau pada Rabu Pon, berdasarkan penanggalan Jawa.

Ia mengatakan, prediksi itu berdasarkan kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya.

Sejalan dengan adanya isu perombakan kabinet, beredar sejumlah nama yang dikabarkan bakal masuk dalam susunan kabinet baru Jokowi-Ma’ruf Amin. Sejumlah nama itu diantaranya, Budi G Sadikin, Tri Rismaharini, Yahya Cholil Staquf, Wahyu Sakti Trenggono, serta M Lutfi.

Budi G Sadikin sendiri disebut-sebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Sedangkan Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma, disebut akan menggantikan Juliari Batubara di posisi Menteri Sosial. 

Kabar lainnya, posisi Menteri Agama juga akan diganti. Nama Yahya Cholil Staquf disebut-sebut akan menggantikan Fachrul Razi. Lalu, kabar lainnya menyebutkan nama Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono yang akan menggantikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. 

Selain itu, posisi Menteri Perdagangan juga disebut akan diganti. Nama M Lutfi disebut akan masuk menggantikan Agus Suparmanto.

Tinggalkan Komentar