Puskesmas di Bontang Imbau Peternak Segera Melapor Jika Ada Unggas Mati Mendadak

Kepala Puskesmas Bontang Utara I, drg Erwin Wahyudiono

Kepala Puskesmas Bontang Utara I, drg Erwin Wahyudiono.

Bontang, PANRITA.News – Guna mencegah terjadinya penularan virus flu burung kepada manusia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang melalui Puskesmas mengimbau kepada para peternak unggas atau warga yang memelihara unggas namun tiba-tiba mati mendadak, agar segera melaporkan ke petugas petugas peternakan DKP3 atau survailens puskesmas.

Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan virus flu burung agar jangan sampai menularkan ke sesama unggas di sekitarnya maupun ke manusia. “Kami minta untuk segera dilaporkan ke RT setempat untuk selanjutnya diteruskan ke bagian peternakan atau surveilans puskesmas,” ujar Kepala Puskesmas Bontang Utara I, drg Erwin Wahyudiono, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, Erwin juga meminta warga mendadak sakit dengan ciri-ciri mirip seperti gejala flu burung, agar segera mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) baik di klinik, puskesmas, ataupun rumah sakit, sehingga bisa segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Surveilans puskesmas pun juga telah berkoordinasi ke semua Ketua RT di wilaya kerjanya agar melaporkan kejadian kematian unggas mendadak di wilayah mereka. Sehingga bisa dilakukan proteksi dini.

“Penting juga bagi para peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya. Melakukan penyemprotan disinfektan atau penyuntikan oleh petugas peternakan agar virus tidak menular ke manusia,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar