Kolaborasi HMJ Pendidikan Matematika dan SEAAM Perkenalkan SEARCHMACCA

Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education (SEARCHMACCA)

Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education (SEARCHMACCA).

Makassar, PANRITA.News – Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education (SEARCHMACCA) akan menjadi wadah dalam kompetisi karya ilmiah se-Asia Tenggara dengan tema Pendidikan matematika.

Hal itu disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan (HMJ) Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Akmal Riswandi seusai menggelar diskusi daring sebagai rangkaian awal memperkenalkan SEARHMACCA, Rabu, (15/7/2020).

Sementara itu, Abd. Karim sebagai Scientific Committee South East Asia Academic Mobility (SEAAM) mengemukakan bahwa SEARCHMACCA merupakan kolaborasi antara SEAAM dengan HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar.

Diskusi pertama membahas tema “Matematika dalam Berbagai Kajian Penelitian”. Kegiatan ini dibuka untuk umum dan diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa sampai dosen-dosen dari berbagai daerah di indoonesia.

Pada kesempatan pertama menghadirkan Prof. Syafruddin Side, dosen di Universitas Negeri Makassar, juga Ketua Program Studi Magister Matematika Universitas Negeri Makassar.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa Matematika itu dapat digunakan untuk menjelaskan problema yang terjadi.

Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syafruddin Side selaku pemateri mengungkapkan bahwa isu yang marak dibicarakan sekarang ini yaitu permasalahan penyebaran Covid-19 bisa dibentuk kedalam pemodelan Matematika.

“Problema-problema yang terjadi dapat dibentuk kepada pemodelan Matematika sesuai dengan informasi yang ada,” ujar Prof. Dr. Syafruddin Side.

Dalam diskusi ini, pemateri juga menyampaikan bagaimana peran Matematika dalam problema diberbagai bidang yang sering terjadi dalam masyarakat.

“Seperti contoh pada bidang kesehatan, kita dapat mengetahui tingkat penyebaran penyakit DBD dengan melakukan pemodelan Matematika,” jelasnya.

Pemodelan Matematika ini dapat dilakukan dengan berbagai metode sesuai yang dijelaskan pemateri. Diskusi berjalan dengan baik dan mendapat respon positif sesuai dengan yang diharapkan.

Menurut Akmal Riswandi bahwa rencananya diskusi penelitian ini akan dilaksanakan setiap hari Rabu.

“Kami berharap jika kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan penguatan bagi ekosistem Pendidikan di perguruan tinggi, terutama di HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar,” tutup Akmal.

Tinggalkan Komentar