Sudah 701 Pedagang Pasar Dinyatakan Positif Corona

Ilustrasi virus Corona (Covid-19) (Freepik).

Ilustrasi virus Corona (Covid-19) (Freepik).

Jakarta, PANRITA.News – Kasus pedagang pasar secara nasional yang dinyatakan positif Corona semakin bertambah. Sebelumnya yang sebanyak 573 orang, bertambah menjadi 701 orang.

Hal itu disampaikan Ketua Sigap Covid-19 Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) Dimas Hermadiyansyah.

“Dari sebelumnya 573 kasus menjadi 701 kasus positif dengan 32 orang meninggal,” kata Dimas dalam keterangannya Sabtu, (20/6/2020).

Sementara kasus pedagang pasar yang meninggal karena Corona sebanyak 32 orang. Data ini dihimpun dari 129 pasar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melihat penambahan kasus tersebut, IKAPPI mendesak pemerintah daerah setempat dan pengelola pasar serius memotong rantai penyebaran corona. Penerapan protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat.

Pengelola diminta melakukan komunikasi intensif dan persuasif dengan organisasi pedagang pasar. Sehingga komponen pasar tradisional bisa saling mengawasi dan meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan lingkungan pasar.

“Ada opsi lain yang semestinya dilakukan oleh pemda atau pengelola pasar yaitu melakukan upaya maksimal sosialisasi edukasi penerapan protokol kesehatan yang baik,” papar dia.

“Bisa dalam bentuk penyediaan tempat cuci tangan beserta sabun disudut sudut pasar yang mudah dijangkau, penyediaan hand sanitizer, pembagian masker, penyediaan face shield, menyediakan penyekat plastik antara penjual dan pembeli, mengatur sirkulasi lalu lalang pembeli serta penyemprotan disinfektan di saat pasar berhenti beroperasi,” katanya.

Menurutnya langkah-langkah tersebut penting karena besarnya jumlah pasar tradisional di seluruh Indonesia yang menampung sebanyak 12,3 juta pedagang, harus diselamatkan mata pencahariannya dengan cara-cara yang tepat dan manusiawi.

Tinggalkan Komentar