Dosen STKIP YAPTI Jeneponto Paparkan Hasil Penelitian Terkait Pandemi Covid-19 di ICEE 2020

herianto

Makassar, PANRITA.News – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) YAPTI Jeneponto turut berpartisipasi dalam kegiatan  International Colloquium on Environmental Education (ICEE) 2020 di STIE AMKOP Makassar (6/6/2020).

Salah satu dosen Program Studi Pendidikan Matematika dari kampus swasta di Jeneponto itu dipercaya untuk memaparkan karya ilmiahnya.

Adalah Herianto, dosen berpangkat Asisten Ahli itu membedah hasil penelitiannya terkait kegiatan pembelajaran dari rumah selama Pandemi Covid-19. 

Dalam pemaparannya, Herianto mengungkapkan hasil penelitiannya terkait perbandingan aktivitas belajar dari rumah antara mahasiswa di kota dan di desa selama pandemi Covid-19.

“Kami menemukan bahwa baik mahasiswa di kota maupun di desa sama-sama aktif melakukan aktivitas belajar dari rumah”, ujarnya dalam kegiatan yang dilaksanakan secara Daring itu.

“Namun, kami menemukan bahwa mahasiswa di desa memiliki kendala yang lebih banyak dalam melaksanakan kegiatan belajar dari rumah dibandingkan mahasiswa yang tinggal di Kota”, tambahnya.

Menurut alumnus Pascasarjana UNM itu, mahasiswa di kota hanya terkendala pada biaya penyediaan kuota internet saat mengikuti kegiatan belajar dari rumah.

“Sedangkan mahasiswa di desa memiliki kendala jaringan internet yang terbatas, harus keliar rumah mencari jaringan internet yang memadai, kurang fokus karena kegiatan belajar tidak dilaksanakan di rumah sendiri, serta kios penyedia internet yang masih jarang di wilayah pedesaan,” jelas Herianto.

Diketahui, ICEE merupakan pertemuan ilmiah berskala internasional yang digelar oleh Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) di kampus STIE Ampkop Makassar, pada 4 sampai 6 Juni 2020.

Tinggalkan Komentar