Jokowi Sebut Mudik dan Pulkam Berbeda, Ivan Lanin: Kamus Sudah Mati

Foto: Youtube Najwa Shihab.

Foto: Youtube Najwa Shihab.

Jakarta, PANRITA.News – Pegiat dan pencinta bahasa Indonesia Ivan Lanin merespon pernyataan presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut mudik berbeda dengan pulang kampung (Pulkam).

Pendiri Narabahasa ini menyebut kamus sudah mati ketika politikus mendefinisikan sendiri sebuah arti kata.

“Kamus sudah mati ketika politikus mendefinisikan sendiri arti kata; ketika para pendengung sibuk mencari pembenaran; ketika para pengikut membeo mengiakan; ketika kepentingan mengalahkan kebenaran; dan ketika aku tidak sanggup berteriak,” kata Ivan Lanin dalam statusnya seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (22/4/2020).

Di cuitan lain di Twitternya, Ivan Lalin bahkan mengatakan, nanti akan ada peraturan perundang-undangan yang menegaskan perbedaan makna istilah.

“Kita tunggu saja peraturan perundang-undangan yang menegaskan perbedaan makna istilah. Jangan bilang saya belum mengingatkan, ya.,” tulisnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut makna mudik tidak sama dengan pulang kampung dalam acara Mata Najwa pada Rabu (22/4/2020).

Mudik menurut Jokowi, terjadi saat jelang Idul Fitri, sementara pulang kampung bisa terjadi kapan saja.

Menurutnya orang-orang yang curi star kembali ke kampung sebelum ada larangan, itu bukan mudik, tetapi pulang kampung.

Hingga akhirnya, pernyataan mantan Wali Kota DKI Jakarta ini pun menuai beragam respon netizen.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik sama halnya dengan pulang kampung, begitu juga sebaliknya, pulang kampung adalah mudik.

Dalam KBBI online, pulang kampung diartikan dalam bentuk kata kerja. KBBI menulis arti mudik sebagai; berlayar, pergi, ke udik (hulu sungai, pedalaman). KBBI mencontohkan kalimatnya; Mudik dari Palembang — sampai ke Sakayu.

Pengertian mudik yang kedua menurut BBBI; (v cak) pulang ke kampung halaman. KBBI mencontohkan; seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang (mudik-pulang kampung). 

Tinggalkan Komentar