Belva Devara, Staf Khusus jokowi Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, saat diperkenalkan sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aa.

Jakarta, PANRITA.News – Salah satu staf khusus milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi) Adamas Belva Syah Devara mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengunduran diri CEO dan Pendiri Ruangguru itu dibenarkan Seskab Pramono Anung.

“Memang benar, Presiden sudah menerima surat pengunduran diri dari Staf Khusus Presiden, Saudara Adamas Belva Syah Devara,” kata Pramono Anung kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Hal senada, Belva sendiri menyatakan sudah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai staf khusus kepada Jokowi.

“Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” kata Belva lewat Surat Terbuka di akun instagramnya, Selasa (21/4/2020).

Pengunduran diri ini menyusul polemik perusahaannya, Skill Academy by Ruangguru sebagai salah satu mitra kartu prakerja.

Penunjukkan Ruangguru tersebut menuai kritik dari sejumlah pihak karena dinilai sarat konflik kepentingan.

Belva sebelumnya telah membantah bahwa dirinya turut terlibat dalam penetapan mitra kartu pra kerja serta tidak ada konflik kepentingan dalam prosesnya.

Meski begitu, dia tetap memilih mundur daru staf khusus Jokowi agar polemik tersebut tak berkepanjangan

“Saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi/persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan,” kata dia.

“Yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19,” lanjut Belva.

Belva pun berterima kasih kepada Jokowi yang telah memahami dan menerima surat pengunduran dirinya.

“Di manapun saya berada, di posisi apapun saya bekerja, saya berkomitmen mendukung Presiden dan Pemerintah untuk memajukan NKRI,” pungkas Belva.

Tinggalkan Komentar