Satgas Pencegahan Covid-19 KNPI Sulsel Edukasi Masyarakat Pakai Masker

Makassar, PANRITA.News – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, yang dinahkodai Andi Arham Basmin, terus berperan aktif membantu pemerintah dalam mencegah penularan virus Corona.

Satgas Pencegahan Covid 19 DPD KNPI Sulsel yang dipimpin Dr Ardiatma Anwar saat ini telah melakukan pelbagai kegiatan, seperti membagikan masker gratis, handsinetizer, penyemprotan disinfektan.

Selain itu, KNPI Sulsel juga terus bergerak mengudakasi masyarakat terkait cara mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Muh Harun Alrasyid mengungkapkan, saat ini menggunakan masker menjadi sebuah keharusan untuk menjaga diri dari penyebaran virus Corona, namun masih banyak yang belum mengetahui jenis masker yang bisa digunakan.

“Berdasarkan hasil diskusi dengan teman-teman pengurus KNPI Sulsel yang berprofesi sebagai Dokter dan Tenaga Kesehatan lainnya, terungkap bahwa ada 3 jenis masker yang disarankan untuk digunakan dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini,” kata Ketua GP Ansor Kota Makassar itu, Rabu (15/4/2020).

Masker jenis pertama, jelas Harun, yaitu masker yang digunakan oleh tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan tetapi bisa juga digunakan masyarakat umum apabila ada gejala flu, batuk, hidung berair, dan radang tenggorokan.

“Kedua, masker N95 digunakan hanya untuk tenaga kesehatan yang menangani pasien dengan resiko infeksi tinggi, untuk dokter dan perawat gigi ditekankan menggunakan jenis masker ini,” jelasnya

Sementara masker jenis ketiga, lanjut Harun, adalah masker kain, yang digunakan oleh masyarakat dalam kondisi sehat saat berada di tempat umum atau berinteraksi dengan orang lain. Masker jenis kain bisa dicuci dan digunakan kembali.

“Olehnya itu kami dari Satgas Pencegahan Covid-19 DPD KNPI Sulsel meminta dengan hormat kepada seluruh masyarakat Sulsel, untuk selalu menggunakan masker khususnya apabila terpaksa harus keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain, agar terhindar dari paparan virus.nSelama kita ikhtiar bersama dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 secara benar maka ini akan memutus mata rantai penyebaran virus,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Komentar