Gubernur Sulbar Tegaskan Semua OPD Segera Lakukan Refocusing Anggaran

Ali Baal Tegaskan OPD Segera Lakukan Refocusing Anggaran

Mamuju, PANRITA.News – Sebagai tindak lanjut dari video Conference dengan Mendagri, Tito Karnavian baru-baru ini terkait permintaan kepada Pemda agar lebih responsif terhadap refocusing anggaran dalam penanganan Covid-19.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menegaskan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) segera melakukan langkah refocusing anggaran tanpa terkecuali.

Namun, dalam melaksanakan hal itu, perlu melibatkan pihak pengawas dan APIP agar tidak bermasalah di kemudian hari. Itu ditegaskan dalam video conference lanjutan  rapat kerja pimpinan evaluasi triwulan I  yang berlangsung di ruang oval Kantor Gubernur Sulbar, RaRabu(15/4/2020)

“Terkait penanganan Covid-19, agar semua OPD serius menyikapi hal itu, dengan ikut terlibat aktif dan bekerja lebih keras lagi, terlebih khusus bidang kesehatan dan stimulan ekonomi,” tandasnya.

Melalui kesempatan itu, Ali Baal juga menyinggung mengenai  rasionalisasi anggaran, sesuai yang diminta oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), serta terkait penanganan Covid-19.

Untuk itu,  Baal  meminta, semua OPD harus dapat melaksanakan hal tersebut dengan serius, sebab saat ini tidak ada lagi bicara program dan kegiatan yang normal di tengah pandemi Covid-19.

“Kita tidak berada dalam situasi yang normal, tidak ada pilihan lain kecuali segera melakukan perubahan semua komponen belanja, yang harus digeser sampai 50 persen sesuai dengan kebijakan pusat,” tandas mantan Bupati Polman itu.

Ali Baal pada kesempatan tersebut juga menghimbau kepada semua OPD, terus memperbaiki dan menyempurnakan indikator kinerja 2020 dan 2021, sehingga dapat sesuai dengan tuntutan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan standar nasional.

“Hal lain yang juga harus ditingkatkan dan diperbaiki, adalah terkait tugas-tugas utama, yakni pengelolaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara  (LHKPN) dan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” sebutnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada semua OPD, atas pencapaian kinerja triwulan I 2020, baik fisik maupun keuangan.

“Kami sangat apresiasi, karena kita tetap semangat untuk terus bekerja dengan baik,  walapun kita dalam tekanan wabah Covid-19. Saya berharap rapat ini dapat memberi manfaat bagi kita semua,” ucap Ali Baal.

Menanggapi arahan Gubernur, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menyatakan, hal tersebut akan ditindaklanjuti.

“Kita mengapresiasi yang sangat tinggi atas arahan bapak gubernur, Insya Allah kita dapat menindaklanjutinya,” turur Idris.

Pada kesempatan itu juga, Idris kembali menegaskan arahan gubernur terkait refocusing, dengan mengajak semua OPD mulai saat ini untuk bahu-membahu bekerja dan berpikir melakukan refocusing, demi melawan Covid-19 secara tuntas di Sulbar. (Advetorial)

Tinggalkan Komentar