Jumlah Korban Jiwa Akibat Virus Corona Tembus 100.000 di Seluruh Dunia

Petugas medis memindahkan pasien kelompok pertama yang terkena virus corona ke Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, Hubei, China. (Foto/Xiao Yijiu/Xinhua via AP)

PANRITA.News – Jumlah korban jiwa akibat virus corona atau Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 102.607 jiwa per Jumat (10/4/2020).

Angka tersebut naik dua kali lipat dalam seminggu terakhir, menurut data Johns Hopkins University.

Covid-19 telah menyebar ke 180 negara di seluruh dunia. Negara yang awalnya terdampak paling parah, seperti Tiongkok dan Korea Selatan, telah membaik dan kasus-kasus baru berkurang secara dramatis.

Sementara, negara-negara di Eropa, seperti Italia, Spanyol, dan Prancis, masih kesulitan mengatasi penyebaran corona.

Di AS, situasi mulai membaik. New York, pusat penyebaran wabah corona, melaporkan jumlah pasien yang dirawat pekan ini berkurang, meski demikian data ini masih awal. Pejabat Gedung Putih hari Rabu lalu mengatakan ada “bukti nyata” kebijakan lockdown berhasil walaupun jumlah corona di area metropolitan New York City masih signifikan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sudah 100 hari berlalu sejak mereka diberitahu mengenai kasus pertama virus corona yang dikonfirmasi. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan jelas bahwa penyakit ini memiliki tingkat kefatalan 10 kali lebih besar dari flu.

“Pandemi ini lebih dari sekadar krisis kesehatan. Ini membutuhkan respons seluruh pemerintah dan seluruh masyarakat,” tutur Tedros.

Sementara itu, total infeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 1.694.954 jiwa dan sekitar 300.000 orang di antaranya telah sembuh.

Sumber | Detik

Tinggalkan Komentar