ART Dorong Pimpinan DPD RI Bentuk Satgas Pengawasan Anggaran Penanganan Covid-19

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Rachman Thaha

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Rachman Thaha.

Jakarta, PANRITA.News – Dalam hal penanganan Covid-19 pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya Perppu Nomor 1 Tahun 2020, Perpres No 54 Tahun 2020, Keppres Nomor 11 Tahun 2020.

Menanggapi hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Abdul Rachman Thaha mendorong agar pimpinan DPD RI membentuk satuan tugas (Satgas) untuk mengawasi anggaran virus Covid-19 itu.

“Sebagai kelembagaan negara antara presiden dan legislatif maka harus ada Chek and Balance dalam sistem ketatanegaraan, sehingga proses bernegara berjalan dengan baik maka terciptalah sebuah transparansi didalam mengelola keuangan negara,” kata pria yang akrab disapa ART ini kepada media, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Sebagai penggagas, ART akan menyampaikan inisiatif itu kepada anggota DPD RI lain yang secara konstitusional dibenarkan. Sehingga Pimpinan DPD RI segera menindaklanjuti usulan itu.

“Kita akan segera membentuk Tim Penggawasan Pengunaan Anggaran virus COVID-19 yang sebagaimana pemerintah telah mengalokasikan dana melalui Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan yang telah diteken oleh Presiden untuk Penanganan Virus Covid-19,” jelas dia.

“Kami punya tugas dan fungsi secara konstitusionalnya dalam hal penggawasan pelaksanaan APBN sebagaimana dalam pasal 249 huruf e dalam UU No 2 tahun 2018 (MD3). InshaAllah tim tersebut merupakan representasi DPD dalam hal melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah yang sedang melakukan penanggulangan virus COVID-19,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar