Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah Dibuka 21 Februari 2020

Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Jakarta, PANRITA.News – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera membuka Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Pendaftaran dibuka pada 21 Februari 2020 bersamaan dengan pembukaan pendaftaran SNMPTN.

Namun demikian, peraturan yang mengatur mengenainya masih belum keluar hingga kini.

Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Paristiyanti Nurwadani mengungkapkan, KIP Kuliah ini bagi calon mahasiswa baru yang baik dalam akademik namun kurang mampu.

“Rencannya KIP Kuliah pendaftaran akan dimulai tanggal 21 Februari kemudian diperuntukkan bagi lebih 400 ribu calon mahasiswa baru sesuai UU 12 (untuk) berpotensi akademik tapi kurang mampu,” katanya di sela-sela sosialisasi dan diskusi kebijakan “Kampus Merdeka” di Universitas Sahid, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Ia menuturkan, semua mahasiswa bisa mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah. Baik itu yang sudah memiliki KIP Sekolah maupun Kartu Keluarga Sejahtera, maupun calon mahasiswa yang belum mempunyainya. Mereka dikatakannya tetap bisa mendaftar dengan melengkapi syarat yang diperlukan.

“Dengan dokumen valid, nanti akan divalidasi oleh perguruan tinggi apa memang betul kurang mampu, berpotensi akademik,” kata Paristiyanti.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bila KIP Kuliah akan dialokasikan kepada 818 mahasiswa. Jumlah itu termasuk dengan mahasiswa yang masuk ke dalam program Bidik Misi.

Anggaran yang dialokasikan untuk KIP Kuliah adalah Rp 12,4 triliun. Anggaran tersebut dimasukkan dalam Rancangan APBN 2020.

Tinggalkan Komentar