Peneliti Indef: Dana Desa Tak Membantu Sejahterakan Petani

Ilustrasi Petani. (Ist)

Ilustrasi Petani. (Ist)

Jakarta, PANRITA.News – Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Mirah Midadan menyebut bahwa program Dana Desa belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Diketahui, dana desa merupakan program Presiden Joko Widodo periode pertama. Kucuran dana desa ini dimulai pada tahun 2015 lalu.

Informasi yang dilansir Antara, Dari data yang peneliti Indef, rata-rata pertumbuhan penduduk miskin pedesaan selama empat tahun terakhir masih 2,7 persen. Dibanding 2010-2014, jumlah penduduk miskin pedesaan turun tipis dari rata-rata 3,1 persen per tahun.

“Dana desa tidak begitu membantu mensejahterakan petani kita di desa,” kata Mirah di dalam Diskusi Publik Refleksi Akhir Tahun ‘Ekonom Perempuan: Mewaspadai Resesi Ekonomi Global’ di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Mirah memaparkan, hal tersebut dilihat dari pertumbuhan penduduk miskin di perdesaan selama empat tahun terakhir yang menurun rata-rata sebesar 2,7 persen per tahun.

Dibandingkan dengan sebelum adanya Dana Desa, pemerintah mampu menurunkan jumlah penduduk miskin di pedesaan rata-rata sebesar 3,1 persen per tahun.

Selain itu, Mirah menyampaikan, upah buruh tani pada September 2019 sebesar Rp38.278 per hari, lebih rendah dibandingkan pada 2013 sebesar 39.618 per hari.

“Data ini menggambarkan bahwa Dana Desa belum mampu meningkatkan buruh tani,” tukas Mirah.

Ia mengatakan faktanya adalah selama ini Dana Desa banyak digunakan untuk membangun infrastruktur dibandingkan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat.

Alasannya, karena pertanggung jawaban pembangunan infrastruktur lebih mudah untuk dilengkapi ketimbang jika melakukan aktivitas atau usaha pemberdayaan masyarakat.

“Hal yang seharusnya dilakukan dengan Dana Desa adalah membuat aktivitas yang mampu melahirkan wirausaha baru di desa, sehingga dapat mengembangkan bisnis-bisnis baru yang lahir dari desa dengan keunikan karakteristik kawasan perdesaan,” ungkap Mirah. (Antara)

Tinggalkan Komentar