Ma’ruf Amin: Tolak Narasi Konflik yang Membawa Kerusuhan!

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menghadiri acara jalan santai Interfaith Walk tahun 2019 di depan Sarinah, Jalam MH Thamrin, Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Ma’ruf Amin didampingi istrinya, Wury Ma’ruf Amin. Keduanya langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang merupakan ketua panitia acara tersebut.

Ma’ruf Amin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu upaya yang luar biasa dalam rangka membangun kerukunan keutuhan seluruh bangsa, khususnya antar umat beragama.

“Karena kerukunan antar umat beragama merupakan unsur utama dari kerukunan nasional. Kita harus terus merawat kerukunan umat beragama ini, karena kita memang memiliki pemeluk agama yang majemuk. Kita harus jaga bersama-sama melalui berbagai upaya cara berpikir, cara bersikap, cara bertindak melalui narasi-narasi kerukunan dan menolak narasi-narasi konflik yang membawa kerusuhan,” kata dia.

Ia menambahkan, salah satu cara yang dilakukan pemerintah yakni dengan Interfaith Walk yang merupakan satu sarana dalam menyatukan antar umat beragama di Indonesia.

“Mudah-mudahan acara seperti ini dan acara-acara lain yang bernuansa kerukunan dan keutuhan bangsa dapat terus kita galakkan agar upaya yang memecah bangsa ini tidak akan berhasil,” tuturnya.

Ia pun berharap agar acara seperti ini dapat dilaksanakan di setiap provinsi, terutama di Papua agar menjadi Papua yang damai.

Ketua penyelenggara Nasaruddin Umar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali digelar di Indonesia.

“Insya Allah kegiatan Interfaith Walk ini akan dilaksanakan setiap tahun dan insya Allah akan dilaksanakan di ibukota provinsi bahkan di ibukota kabupaten/kota kita akan lakukan hal yang sama,” rencananya.

“Ke depan mari kita lupakan perbedaan dan kita jadikan perbedaan itu sesuatu keindahan. Mari kita perkenalkan kepada dunia luar bahwa kita ini betul-betul Bhinneka Tunggal Ika,” terangnya.

Tinggalkan Komentar