Anis Matta: Partai Gelora Bukan PKS Perjuangan atau PKS Biru

Politikus sekaligus Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (GELORA) Indonesia Anis Matta. (Tribunnews).

Politikus sekaligus Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (GELORA) Indonesia Anis Matta. (Tribunnews).

Jakarta, PANRITA.News – Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Anis Matta mengakui bahwa lahirnya partai tersebut salah satu pemicunya adalah konflik internal yang terjadi di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain itu, perbedaan semangat dalam menangkap dan mengintegrasikan diri dengan ruh, jiwa, dan budaya Indonesia secara keseluruhan.

“Karena itu, ideologi Gelora berasaskan Pancasila dengan jati diri Islam,” kata Anis seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (13/11/2019).

Jadi, walaupun ada konflik di dalam (PKS) yang mendorong lahirnya Partai Gelora, kata Anis Matta “tapi ini bukan PKS Perjuangan, ini juga bukan PKS biru.”

Anis yang pernah menjadi Sekjen dan Presiden PKS ini pun mengaku ingin meninggalkan pemisahan politik lama antara golongan kanan, tengah, dan kiri atau antara islam dengan nasionalisme.

“Karena pemetaan seperti ini, pembelahan dalam masyarakat gampang terjadi seperti pada Pilpres 2019 yang baru terjadi,” jelasnya.

Anis juga menegaskan bahwa Gelora bersifat terbuka dan pluralis akan lebih diwujudkan dari sekedar wacana.

Di Gelora juga tidak ada Dewan Syura yang biasanya diisi oleh para figur yang dianggap punya otoritas keagamaan lebih, dengan keputusan yang cenderung mutlak.

“Majelis syuronya bernama Majelis Permusyaratan Nasional tapi diambil dari dewan pendiri. Kita disini menjaga semangat kolaborasi, egaliter, dan pola hubungan hierarkis kita coba hilangkan,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar