Jokowi Minta Izin Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (ANTARA/Sigid Kurniawan).

Jakarta, PANRITA.News – Presiden terpilih Joko Widodo meminta izin kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Namun, Jokowi tidak merinci secara detail daerah yang dimaksud.

Jokowi menyampaikan pernyataannya ketika Pidato Kenegaraan dalam sidang bersama DPR-DPD, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

“Saya mohon izin memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan. Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa,” tutur Jokowi.

Jokowi berharap pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan bisa menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan ekonomi dan kemajuan bangsa pun tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” ujar Jokowi.

Ada tiga provinsi di Kalimantan yang disebut jadi kandidat ibu kota, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Semua daerah itu tengah dikaji karena punya berbagai kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan Komentar