Jusuf Kalla Minta PNS Ubah Pola Pikir

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Jakarta, PANRITA.News -Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengubah pola pikir dalam bekerja.

JK menekankan, tugas dasar seorang PNS maupun aparatur sipil negara (ASN) adalah melayani publik, bukan dilayani publik.

Hal itu disampaikan JK saat memberi kuliah umum pada accaea Presidential Lecture bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7).

“Prinsip Anda sebagaimana yang selalu menjadi pegangan Anda semua ialah melayani, jangan lagi berprinsip untuk dilayani, banyak zaman dulu PNS itu ingin dilayani, ingin dihormati, mendapat fasilitas lebih baik, itu pola pikir masa lalu yang telah berubah akibat persaingan dunia, kita harus berpikir lebih baik dan lebih maju,” ujar JK.

JK menilai, konsep melayani publik oleh ASN maupun PNS juga disesuaikan dengan masing-masing penempatan. Ia mencontohkan, seorang guru yang diangkat PNS melayani masyarakat dengan mendidik dan mengajar generasi muda dengan ikhlas.

Begitu juga, seorang pegawai kesehatan yang diangkat PNS juga harus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik.

Begitu pun seorang PNS yang bertugas di kantor-kantor pelayanan publik, konsep melayani dimulai dengan mempercepat proses administrasi, birokrasi maupun izin yang dibutuhkan masyarakat.

“Jangan berpinsip seperti saya sampaikan di Medan, kalau bisa diperlambat kenapa dipercepat. Pokoknya harus dipercepat, itu prinsip yang kita pegang saat ini,” ujar JK.

JK juga mengingatkan tugas PNS maupun ASN turut dalam memakmurkan dan memajukan perekonomian bangsa. Namun, kemajuan itu dicapai jika perekonomian bangsa maju secara merata.

Sementara, kemajuan ekonomi hanya dapat ditingkatkan apabila Indonesia punya tingkat produktivitas lebih baik, pertanian yang baik, industri maupun bidang pelayanan yang bagud.

Selain, untuk mencapai itu juga dibutuhkan penguasaan teknologi dan peningkatan ilmu pengetahuan.

Tinggalkan Komentar