BNN Sita Aset Bandar Narkoba asal Sidrap Senilai Miliaran Rupiah

BNN Sita Aset senilai Milyaran Rupiah milik Bandar Narkoba asal Sidrap

BNN Sita Aset senilai Milyaran Rupiah milik Bandar Narkoba asal Sidrap

Sidrap, PANRITA.News – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI berhasil menyita sejumlah aset senilai Rp16 Miliar dari bandar narkoba, Agus Sulo dan Syukur, asal Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Penyitaan aset tersebut adalah hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Petugas lantas mengembangkan kasus ini hingga berhasil melacak aset-aset sang bandar yang diduga kuat sebagai hasil TPPU.

Aset yang disita tersebut sebagian besar disamarkan di Kabupaten Sidrap, sedang sejumlah aset lainnya berada di Kota Makassar.

“Petugas BNN menangkap pelaku di daerah Rappang, Kelurahan Lalebbata, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap pada 16 Mei 2019 lalu. Kemudian petugas juga membekuk Syukur yang bekerja sebagai kurir,” kata Direktur TPPU BNN RI, Brigjen Pol Bahagia Dachi, Kamis (17/7/2019).

Penangkapan itu, kata Bahagia Dachi pihaknya bekerjasama dengan Polda Sulsel untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Hasilnya ada beberapa aset bernilai cukup fantastis, uang lebih Rp2 M pun kami sita,” katanya.

Selain uang sekitar Rp2 M lebih, petugas juga menyita tanah, sawah, rumah, mobil mewah, pabrik telur, lanjut dia taksiran dari aset tersebut mencapai Rp16 Miliar.

Aset milik Bandar Narkoba asal Sidrap yang disita BNN RI.

Bandar ini diketahui memang sudah pemasok barang narkoba ke Sulsel, khususnya di Kabupaten Sidrap, Sulsel sejak tahun 2014 lalu.

“Keduanya juga pernah terjerat kasus narkoba di Kalimantan Utara dengan barang bukti 10 kilogram narkoba,” terangnya. (**)

Tinggalkan Komentar