Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada 5 Juni 2019

Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Jakarta, PANRITA.News – Usai menggelar sidang isbat, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah bertepatan pada Rabu, 5 Juni 2019.

Sidang isbat berlangsunh di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Senin, (3/6/2019).

“Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Artinya besok Selasa kita masih berpuasa. Karena besok masih Ramadan. Dengan demikian 1 syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” kata Lukman dalam konferensi pers.

Sidang isbat dihadiri Ketua Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat Ali Taher Parasong, para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal. Kementerian Agama juga menempatkan tim pemantau hilal di seluruh Indonesia, yang berjumlah 105 pelaku rukyatul hilal.

Berdasarkan laporan dari 33 pelaku rukyatul hilal, kata Lukman, hilal berada di bawah ufuk dan tidak satu pun petugas yang melihat hilal. Posisi hilal di seluruh wilayah Tanah Air berada di antara minus 1 derajat 26 menit dan minus 0 derajat 5 menit.

Atas dasar laporan pemantau hilal tadi, kata Lukman, semua peserta sidang isbat sepakat bahwa besok Selasa, 4 Juni 2019, umat muslim Indonesia masih menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Tinggalkan Komentar