Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini, Jamaah An-Nazir dan Naqsabandiyah Sudah Rayakan Lebaran

Ilustrasi Idul Fitri.

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1440 H pada hari ini, Senin (3/6/2019).

Sedangkan Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu (5/6/2019) lusa.

Sementara itu, berbeda dengan jamaah An Nazir di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dan Naqsabandiyah di Padang Sumatera Barat, telah merayakan Idul Fitri 2019, Senin (3/6/2019) hari ini.

Jemaah An Nazir yag bermukim di pesisir Danau Mawang, Desa Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, menggelar Salat Idul Fitri.

Ibadah yang dipimpin oleh Samiruddin Pademoi yang juga bertindak sebagai khatib ini berlangsung lancar.

“Berdasarkan perhitungan bulan yang diperkuat dengan pertanda alam seperti puncak pasang air laut, maka kami menetapkan satu syawal jatuh pada hari ini,” kata Samiruddin Pademoi seusai memimpin Salat Idul Fitri.

Sementara, jemaah tarekat Naqsabandiyah Kota Padang hingga Minggu, telah menyelesaikan ibadah sebulan (30 hari) puasa Ramadan 1440 H.

Sebelumnya, para Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumbar mulai menjalankan ibadah puasa mulai 4 Mei 2019 lalu.

“Kami nanti setelah selesai menunaikan ibadah Salat Isya akan melaksanakan Takbiran bersama jamaah lainnya,” kata Imam Mushalla Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo (78), Minggu (2/6/2019) seperti dilansir dari TribunPadang.com

Sebelumnya, jemaah tarekat Naqsabandiyah mulai melakukan Salat Tarawih pada Jumat 3 Mei 2019, dan mulai berpuasa pada Sabtu 4 Mei 2019.

“Kami melaksanakan empat rakaat salat Isya, 15 rakaat salat sunah taraweh dan ditutup dengan tiga rakaat Salat Witir sebagai penutup Salat sunah,” sambung Syafri Malin Mudo.

Syafri Malin Mudo mengatakan, penentuan tanggal satu Ramadan telah dihitung semenjak Bulan Rajab lalu.

Syafri Malin Mudo menjelaskan, metode yang digunakan dalam penghitungan yaitu menggunakan Hisab dan Rukyat.

Tinggalkan Komentar