Mahasiswa asal Bima Anak Buruh Tani Juara 1 MTQ Internasional di Turki

Syamsuri Firdaus, Anak Kuli Batu Bata Juarai MTQ Internasional di Istanbul yang Terima Hadiah Umroh dan Bertemu Langsung dengan Presiden Turki - Facebook Syamsuri Firdaus

Makassar, PANRITA.News – Seorang Mahasiswa Sastra Arab UI angkatan 2017 asal Bima-NTB, Samsuri Firdaus berhasil merebut Juara 1 Musabaqah Hifdz al-Qur’an (MTQ) internasional ke-7 di Istanbul, Turki pada Minggu (26/5/2019).

Ajang ini diselenggarakan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG) bekerja sama pemerintah Turki ini dan dikuti 68 negara Islam di Timur Tengah dan Eropa, termasuk Mesir dan Libya.

Dalam kegiatan tersebut, Samsuri yang pernah meraih Juara I kategori Anak-anak MTQ Tingkat Nasional ini berkesempatan diundang langsung Imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk mengaji di depan para jamaah setelah Salat Ashar.

Para finalis berhak mendapat tiket umrah disediakan panitia dan sejumlah uang sebagai penghargaan.

Mahasiswa kelahiran 11 April 1999 ini terlahir sebagai anak pertama Syamsuri berprofesi sebagai buruh tani, dan ibunya berprofesi sebagai kuli pembuat bata.

Seperti diwartakan laman resmi UI, Syamsuri pernah meraih juara 1 Nasional Tilawah Anak pada MTQ 2012 tingkat propinsi NTB. Kemudian diundang untuk mengikuti MTQ tingkat nasional di Maluku.

Pada tahun yang sama, Syamsuri mengikuti MTQ Asia di Singapura. Pada ajang tersebut, ia mendapat gelar juara 1. Semenjak itulah, namanya mulai dikenal. Bahkan pernah diundang untuk melantunkan ayat Alquran di istana negara.

Keikutsertaan Syamsuri mendapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, Wakil Kementerian Agama RI yang mendampingi sejak berada di Turki.

Tinggalkan Komentar