Presiden Tinjau Lokasi Alternatif Ibu Kota Baru di Kalimantan

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo berkunjung ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan. Kunjungan itu menindaklanjuti rencana pemindahan ibu kota negara.

Presiden bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019, sekitar pagi tadi dan akan mendarat di Kota Balikpapan.

“Presiden Jokowi langsung menuju ke lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota tersebut,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa, (07/06/2019).

Setelah itu, Kepala Negara akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Tengah. Presiden dan rombongan akan bermalam di Kota Palangkaraya untuk melanjutkan kunjungan keesokan harinya. Salah satu agenda meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Tengah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan pemerintah tak main-main dengan rencana pemindahan ibu kota. Rencana ini telah dibahas secara internal sejak tiga tahun lalu.

“Kemudian 1,5 tahun yang lalu kami minta Bappenas untuk melakukan kajian-kajian yang lebih detail baik dari sisi ekonomi, sosial-politik, dan juga dari sisi lingkungan,” kata Presiden saat berbuka puasa dengan kepala lembaga negara di Istana Kepresidenan, Senin, (06/05/2019).

Selama berkeliling meninjau lokasi ibu kota baru, Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Agraria Tata Ruang Sofyan Djalil.

Leave a Reply