Muhadjir Effendy: Rayakan Hardiknas dengan Gembira

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy. (Foto: Istimewa)

Jogjakarta, PANRITA.News – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berpesan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), tepatnya tanggal 2 Mei 2019, besok untuk merayakan Hardiknas dengan gembira sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara.

“Pokoknya (Hardiknas) dirayakan sebaiknya dengan gembira sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara,” kata Muhadjir usai ziarah Makam Ki Hajar Dewantara di Taman Wiyata Brata Kota Yogyakarta, Rabu (1/5/2019), seperti dilansir Detik.

Mengacu pada ajaran Ki Hajar Dewantara, Muhadjir mengatakan bahwa proses pendidikan adalah taman yang mengasyikkan dan membuat orang yang terlibat di dalamnya tertekan.

“Jadi pendidikan itu adalah taman, taman itu artinya berarti mengasikkan, menggembirakan, mencerahkan, tidak ada tekanan, tidak ada stres, itu yang penting,” ucap Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

“Kita bikin pendidikan yang betul-betul sesuai dengan filosofi ajaran Ki Hajar Dewantara. Karena itu Ki Hajar Dewantara tidak menyebut sekolah, tapi taman. Taman siswa, taman dewasa,” sambungnya.

Sementara Ketum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Prof Dr Sri Edi Swasono, mengatakan jika konsep pendidikan seperti yang diajarkan Ki Hajar Dewantara diterapkan maka akan menghasilkan bibit-bibit unggul.

“Dan kalau itu (konsep pendidikan ala Ki Hajar Dewantara) berhasil, dia (si murid) akan menjadi nasionalis, akan menjadi patriot dan itulah kebangsaannya Ki Hajar,” pungkas dia.

Tinggalkan Komentar