Minyak Kelapa Ternyata Ampuh untuk Kesehatan Rambut, Hingga Basmi Kutu

Ilustrasi

Ilustrasi

Makassar, PANRITA.News – Minyak kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Mulai dari melawan bakteri, membersihkan makeup, sampai digunakan untuk perawatan rambut supaya sehat dan tebal.

Dilansir Cantika.com, Penata rambut langganan selebriti Cynthia Alvarez dan ahli pewarna rambut di salon IGK, Amerika Stephanie Brown berbagi khasiat minyak kelapa yang pernah mereka rasakan dan gunakan.

1. Menumbuhkan rambut

“Minyak kelapa pasti akan membantu rambut Anda tumbuh lebih sehat, lebih tebal, dan lebih lama,” ujar Stpehanie Brown seperti dilansir dari laman Marie Claire.

Menurut dia, vitamin dan asam lemak dalam minyak kelapa membantu menyehatkan kulit kepala dan menembus kutikula rambut. “Masker perawatan sekitar sekali setiap minggu atau dua minggu selama lima hingga 10 menit akan membantu,” ujarnya

Hal senada juga dikemukakan Cynthia Alvarez. Dengan memasukkan minyak kelapa ke dalam rutinitas perawatan rambut, dapat menciptakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan rambut.

“Vitamin dan asam lemak esensial juga membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut, yang mempercepat pertumbuhan,” jelasnya.

2. Melembabkan rambut

Bukan rahasia lagi banyak bahan-bahan keras yang ditemukan di banyak sampo dapat melucuti minyak alami dari rambut. “Jika rambut Anda terasa sedikit kering atau rusak, minyak kelapa adalah perawatan pra-sampo yang baik untuk mencegah sampo mengeluarkan semua minyak dari rambut Anda,” kata Brown. Jadi pijatkan minyak kelapa ke rambut Anda dari ujung ke ujung sebelum Anda keramas untuk mencegahnya.

3. Mencegah rambut rusak sebelum mewarnai rambut

“Saya suka memberi tahu klien tertentu untuk menaruh sedikit minyak kelapa di rambut mereka sebelum menerapkan highlight atau mengubah warna rambut jadi perak karena membantu melindungi rambut dari bleaching,” kata Brown.

4. Mengatasi rambut bercabang dan kusut

Merapikan rambut bercabang tak perlu ke salon. Anda dapat mengatasinya dengan cepat menggunakan minyak kelapa. Namun bukan berarti ini solusi permanen. Minyak kelapa akan membantu menghaluskan kutikula di ujung rambutmu yang terpecah, jadi rambutmu tidak terlihat kusut di ujungnya. Itu juga membantu rambut kusut karena ujung yang bercabang atau cuaca lembab.

“Ini benar-benar dapat mengontrol rambut kusut, bukan hanya pada ujung yang bercabang. “Ini mencegah rambut kusut karena itu bagus untuk mengisi kelembaban di rambutmu,” tambah Alvarez, jadi kamu harus menggunakannya pada bagian paling kering rambutmu.

5. Sebagai perawatan tanpa bilas

“Saya suka menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan sementara di musim panas,” kata Brown. “Panas dari matahari akan membuka kutikula sehingga minyak akan menembus rambut Anda bahkan lebih. Bahan-bahannya memiliki pelindung alami yang menyelamatkan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Minyak kelapa juga melindungi rambut agar tidak mengering atau menjadi rapuh dari air garam dan klorin.

6. Menghilangkan Kutu

Jika Anda berurusan dengan kutu, Stephanie Brown merekomendasikan untuk mengoleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda dari ujung rambut sampai ujung sebagai langkah awal untuk membunuh kutu. Kemudian, setelah itu bilas dengan cuka sari apel.

“Pastikan membilasnya dengan sari apel untuk membunuh semua telur atau telur yang tertinggal,” saran Brown.

Sementara Cynthia Alvarez merekomendasikan penggunaan minyak pohon teh juga, dan setuju bahwa minyak kelapa saja tidak dapat sepenuhnya menghilangkan kutu. “Minyak kelapa tidak bisa sepenuhnya membunuh telur kutu yang ada di rambut Anda,” Alvarez menjelaskan.

“Mencampur beberapa tetes minyak pohon the dalam minyak kelapa dapat membantu membunuh kutu dan menetralkan telurnya.

7. Menghilangkan ketombe

Minyak kelapa juga dapat membersihkan komedo. “Jika Anda ingin memerangi ketombe, letakkan minyak kelapa di kulit kepala Anda selama sekitar lima menit, dan kemudian keramas,” Brown menjelaskan, yang katanya terus dilakukan sampai Anda mulai melihat ketombe lebih sedikit.

Alvarez menambahkan bahwa mengoleskan minyak kelapa pada rambut Anda mengembalikan kesehatan kulit kepala dan mengurangi pengelupasan.

Leave a Reply