Tak Banyak Sebar APK, Risman Pasigai Raih Hasil Positif di Indikator Politik Indonesia

Makassar, PANRITA.News – Indikator Politik Indonesia merilis breakdown hasil survei perolehan suara partai dan potensi caleg peraih kursi di seluruh daerah pemilihan di Sulawesi Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Salah satu caleg DPR RI dari Partai Golkar Sulsel 1 yang meraih hasil positif adalah Muhammad Risman Pasigai (MRP), mantan Jubir Nurdin Halid-Aziz Qahhar pada Pilgub Sulsel 2018.

Dari hasil survei di Dapil Sulsel 1 yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar, MRP yang berada di nomor urut 8 menempati posisi kedua bersama Ernawaty dengan perolehan 0.7 persen setelah Hamka B Kady yang meraih 2.8 persen.

Dari hasil simulasi kertas suara untuk Sulsel 1, Golkar masih berpotensi meloloskan dua caleg ke DPR RI meski kalah tipis dari Partai Gerindra yang meraih suara terbanyak pertama.

Satu kursi Partai Golkar ke DPR RI dari Sulsel 1 ini dipastikan akan diraih petahana Hamka B Kady. Golkar dan Gerindra berpotensi mendudukan dua caleg. Dari Golkar sendiri salah satu bakal menyusul Hamka B Kady adalah Risman Pasigai.

“Saya juga kaget dengan hasil ini karena saya selama ini betul-betul terpublikasi lewat media saja, baik media massa dan media sosial. Saya tidak sama dengan caleg lain yang makin gencar menyebar APK,” kata Risman, Minggu (17/03/2019).

Dalam laporannya setebal 113 halaman ke internal Golkar, Indikator Politik Indonesia melakukan sampel 1000 orang dengan menggunakan multistage random sampling di tingkat desa, kecamatan, dengan jumlah proporsional. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 3,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi survei dilakukan kepada seluruh warga sulsel yang punya hak pilih. Responden terpilih diwawancara lewat tatap muka oleh pewawancara terlatih.

Lalu, quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel yang ada. Supervisor kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Lalu disebutkan dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. 

BREAKDOWN INDIKATOR POLITIK INDONESIA:

DPR RI SULSEL 1: 

Gerindra: 18,1 % potensi kursi: 2
Golkar: 13,8 % potensi kursi: 2 (Hamka B Kady, Risman Pasigai)
PDIP: 10,1 % potensi kursi: 1
NasDem: 7,9 % potensi kursi: 1
PPP: 7,6 % potensi kursi: 1
Demokrat: 6,9 % potensi kursi: 1
Total: 8 kursi

Tinggalkan Komentar