WhatsApp dan Instagram Bermasalah, Facebook Diserbu Hacker?

Makassar, PANRITA.News – Para pengguna layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp melaporkan tidak bisa menggunakan layanan di bawah naungan Facebook tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.

Sejak Kamis (14/3/2019) dini hari tadi, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan secara global, termasuk Indonesia.

Meski belum mengungkap penyebab dari gangguan dengan skala yang besar ini, Facebook memastikan bahwa gangguan yang terjadi bukan karena adanya serangan peretas (hacker).

Lewat akun Twitter-nya, Facebook mengatakan bahwa mereka kini tengah berusaha memperbaiki layanan secepat mungkin.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses sejumlah aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin,” tulis Facebook.

“Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS,” lanjut mereka.

Serangan DDoS yang dimaksud Facebook adalah sebuah teknik hacking yang dilakukan oleh para peretas dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan dan server dengan banyak data dan request sehingga jaringan terganggu.

Teknik ini membuat pengguna kesulitan untuk mengakses sebuah layanan.
Para pengguna Facebook, Instagram dan WhatsApp melaporkan mengalami gangguan yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, mem-posting konten di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Bahkan, menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama, seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk memublikasi konten baru, juga tidak bisa digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS. Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan oleh sejumlah pengguna.

Kendati demikian, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa layanan ini berangsur pulih.


Leave a Reply