Singgung Pengelolaan Negara, Jokowi: Jangan Diberikan Kepada Yang Belum Pengalaman

Bandung, PANRITA.News – Calon presiden (capres) 01, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Deklarasi Alumni Jabar Ngahiji di Monumen Perjuangan, Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyinggung soal pengelolaan negara yang menurutnya tidak gampang. Baginya masyatakat perlu memahami bahwa Indonesia merupakan negara besar. Penduduk Indonesia sudah sekitar 269 juta orang, terdapat 34 provinsi, 514 kabupaten/ kota, dan 17 ribu pulau.

“Kita sadar bahwa mengelola negara sebesar Indonesia tidak mudah, tidak gampang. Saya sangat beruntung sekali diberikan, dimudahkan oleh Allah. Memiliki pengalaman mulai dari bawah sebagai wali kota dua periode, gubernur DKI Jakarta dan presiden,” kata Jokowi.

Hal itu diungkap Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi tersebut. Jokowi menyatakan, pengalaman yang dimilikinya memberi dorongan dan memotivasi dirinya

“Memudahkan saya dalam mengelola pemerintahan sebesar negara kita Indonesia ini. Jadi perlu saya ingatkan dengan negara sebesar Indonesia, jangan diberikan kepada yang belum berpengalaman. Hati-hati. (penduduk) 269 juta itu adalah tanggung jawab kita semua. Kalau diberikan kepada yang belum pengalaman bagaimana jadinya,” tegas Jokowi.

“Jangan dipikir mudah, jangan dipikir gampang. Menguasai masalah-masalah yang ada di provinsi, kabupaten, kota itu beda-beda.” tambahnya.

Leave a Reply