Sebut Doa Kiai Maimun Zubair Otentik, PAN: TKN Galau dan Resah

Jakarta, PANRITA.News – Viralnya video Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen mendoakan Prabowo Subianto di samping calon presiden (capres) nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) jadi pembicaraan di kalangan elite. Kali ini, PAN angkat suara.

Wasekjen PAN Saleh Daulay menilai ucapan Mbah Moen merupakan harapan sesungguhnya tokoh karismatik itu.

“Justru, melalui doa, ungkapan dan harapan Mbah Moen menjadi semakin otentik,” ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (2/2/2019).

Saleh meminta agar Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin tak membela diri terkait hal ini. Ucapan doa Mbah Moen dianggap sebagai bentuk harapan asli pimpinan Ponpes Al-Anwar, Rembang, tersebut.

“Saya kira TKN tidak perlu repot-repot mengomentari Mbah Moen yang mendoakan Prabowo menjadi presiden. Bisa saja ini memang terjadi secara natural, yang selama ini belum terungkap secara verbal,” sebut Saleh.

Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno itu menilai kubu Jokowi resah terhadap doa Mbah Moen. Saleh juga menganggap pernyataan Mbah Moen bukan salah ucap.

“Kelihatan, tim TKN merasa galau dan resah karena kejadian ini. Walau gelisah, sebaiknya tidak perlu dilurus-luruskan,” tuturnya.

“Ulama sekelas Mbah Moen tentu berdoa dengan kesengajaan dan kesungguhan. Kalau kami, ya tinggal mengaminkan saja. Semoga doa tersebut dikabulkan,” imbuh Saleh.

Doa Mbah Moen jadi perbincangan setelah videonya viral di media sosial. Adalah momen ketika Mbah Moen berdoa di samping Jokowi yang menjadi pembicaraan di jagat dunia maya. Itu lantaran Mbah Moen salah ucap dari yang seharusnya Jokowi menjadi Prabowo.

Mbah Moen sudah memberikan klarifikasi soal salah ucapnya itu. Ia menegaskan yang dimaksud didukungnya adalah Jokowi.

Hadza (ini) Pak Prabowo, laa (bukan) Pak Prabowo, ningo (bahasa Jawa: tetapi) Pak Jokowi. Pak Joko Widodo ahlii ikhtiyari (dia pilihan saya),” ucap Mbah Moen setelah berdoa.

“Jadi kalau saya luput (salah), sudah tua, saya umur 90 lebih. Jadi dengan ini saya pribadi, siapa yang ada di samping saya nggak ada kecuali Pak Jokowi,” lanjutnya.

Adapun doa Mbah Moen yang salah ucap tersebut adalah sebagai berikut:

Jadikanlah Ya Allah orang di sampingku ini Presiden, Presiden ini (yaitu) Pak Prabowo, jadikanlah dia Ya Allah untuk kedua kalinya dengan perolehan suara yang banyak.”

Tinggalkan Komentar