Debat Perdana Pilpres Dinilai Tidak Sesuai Ekspektasi Masyarakat

Makassar, PANRITA.News – Debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, dinilai sangat tidak sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengaku, selain tidak sesuai dengan ekspektasi, banyak juga masyarakat merasa kecewa dan tidak puas dengan ujung debat perdana Pilpres.

“Debat pertama, harapan orang itu sangat tinggi sekali, tentu saja banyak yang merasa tidak puas dan tidak sesuai ekspektasinya,” kata akademisi UIN Alauddin Makassar itu saat dihubungi, Sabtu (19/1/2019) malam.

Harusnya, kata dosen pengajar UIN Alauddin Makassar ini, debat yang disiarkan langsung sejumlah stasiun televisi swasta maupun pemerintah itu, harus lebih kepada subtansi.

“Jadi banyak yang menilai itu sangat normatif, tentu saja karena kedua-duanya menjaga jangan sampai ada kesalahan dari gesture penyampaian diksi-diksi, termasuk beradaptasi dengan waktu dan berbagai dengan pasangannya, itu teknis tetapi sangat berpengaruh,” jelasnya.

Menurutnya, semua isi dan poin debat perdana Pilpres tersebut masih berada dibawa rata-rata. Namun dari masyarakat sendiri sudah ada yang menentukan pilihan atas dasar penilaian saat debat.

“Jadi, lanjutnya, kalau saya melihatnya ini masih datar-datar, tapi sedikit banyaknya dari debat ini sudah mulai menjadi salah satu rujukan dari masyarakat, dan tentu ada yang sudah dipengaruhi,” tambahan.

Tinggalkan Komentar