Debat Pilpres Dinilai Hanya Wadah Umbar Janji Paslon

Makassar, PANRITA.News – Debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 Januari 2019, dinilai hanya menjadi wadah untuk mengumbar janji bagi pasangan calon (Paslon).

Pasalnya, hampir pasti penyampaian Paslon, baik pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf), maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi) hanya akan menyampaikan janji-janji politik pada acara debat perdana tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik Universitas Basowa (Unibos) Makassar, Arif Wicaksono. Ia menilai dalam debat publik, Paslon akan cenderung mengemukakan janji, dan siapapun yang menang kelak dalam pemilihan.

“Pasti akan ditagih oleh masyarakat. Salah satu indikator penagihan janji itu, adalah debat,” ungkap akademisi Unibos Makassar itu, saat dihubungi, (Senin 7/1/2019).

Namun, soal keterpilihan dinilainya sangat berpengaruh bagi masing-masing Paslon, apalagi ada hal yang baru disampaikan dan direspon baik oleh masyarakat atau penonton.

“Saya pikir elektabilitas, pasti ada kaitannya dengan dengan debat. Tapi jika kemungkinan melencengnya sesuatu dari hasil debat, itu saya kira pasti,” katanya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, debat Pilpres 2014 dengan Pilpres kali ini, dipastikan agak berbeda dengan suasana sebelumnya. Apalagi, temanya memang sudah dibuat berbeda.

“Isunya beda, konstelasi politiknya juga beda. Pasti nuansanya berbeda,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar