Ajudan Wapres Dapat Promosi Jabatan Jenderal, Ini Komentar AYP

Makassar, PANRITA.News – Kombes Pol. M. Awal Chairuddin yang sehari-hari menjabat sebagai Ajudan Dinas Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, mendapat promosi jabatan jenderal bintang satu.

Berdasarkan keterangan yang diterima Panrita.news, Awal mendapatkan promosi sesuai Keputusan Kapolri yang tertuang dalam ST/3186/XII/KEP/2018 tertanggal 21 Desember 2018.

Diketahui, Kombes Pol. Awal Chairuddin hanya butuh waktu 2 tahun menjabat ajudan. Kini dia, mendapat promosi jabatan sebagai Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri. Sehingga, dapat dipastikan dalam waktu singkat nanti, Awal akan mengikuti Korps Raport kenaikan pangkat Brigadir Jenderal Polisi.

Awal Chairuddin yang dilahirkan di Makassar 47 tahun yang lalu merupakan putra dari Kepala LAN RI Sulsel 1968-1961, Chairuddin Burhan dan Hatma Tamma (Pengajar di Fisip Unhas). Sejak meniti karir di Polri tahun 1994 lalu, Awal memiliki talenta kepemimpinan. Hal itu berdasarkan rekam jejak karirnya yang terbilang teruamelejit.

Beberapa jabatan strategis yang dipegangnya tidak terlalu lama dia jalani. Diantaranya Sespri Wakapolri, Kapolres Subang, Wakapolrestabes Bandung, Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, Kapolres Jakarta Utara, Ajudan Wakil Presiden RI.

Awal seakan mengikuti jejak senior terdahulu yang juga putra kelahiran makassar, Komjen Pol. Syafruddin. Ia kini menjabat Menpan RB setelah sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ajudan Wapres Jusuf Kalla tahun 2004-2009.

Menanggapi promosi jabatan yang diterima itu, Andi Muhanmad Yuslim Patawari (AYP) yang juga rekan karib Awal, turut mengapresiasi.

Caleg DPR RI Dapil 2 Sulsel ini mengaku turut berbangga dengan promosi jabatan yang diterima Awal, sebagai aset SDM potensial kebanggaan sulsel.

“Beliau layak menjadi bintang dengan dedikasi dan prestasi yang dimiliki, semoga beliau kedepannya mendapat jabatan yang strategis untuk mengabdi kepada bangsa dan negara melalui Korps Bhayangkara” ungkap politisi PPP ini.

AYP sendiri merupakan Calon legislatif (caleg) pendatang baru. Namun beberapa lembaga survei menyebut tokoh muda ini berpeluang besar lolos ke senayan pada pemilu legislatif 17 April 2019 mendatang.

Andi Muhammad Yuslim Patawari

Salah satunya dari Lembaga survei politik Nurani Strategic pada surveinya akhir November kemarin menyebut AYP sebagai salah satu caleg yang diperhitungkan. Popularitas dan elektibilitasnya terus menanjak menjelang hari pencoblosan.

Leave a Reply