Gubernur Jatim Imbau Warganya Tak Ikuti Reuni 212 di Monas

Jakarta, PANRITA.News – Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo mengimbau warganya di Jawa Timur (Jatim) untuk tidak mengikuti reuni 212 yang akan digelar di Monas, Jakarta pada Minggu (2/12/2018) mendatang.

Menurut Pakde, warga Jawa Timur yang hendak berangkat mengikuti reuni itu sebaiknya mengurungkan niatnya. Ia meminta kepada para warga agar menyampaikan aspirasi dari Jawa Timur saja.

Di era demokrasi ini menurutnya, demonstrasi memang lazim dilakukan. Namun baginya, ada hal yang lebih penting ketimbang unjuk rasa sampai turun ke jalan.

“Saya menyampaikan, satu, aspirasinya saja yang disampaikan, tidak usah orangnya. Jadi demokrasi yang sangat kualitatif. Itu adalah kontennya sampai, bukan fisik yang kemudian tidak ada konten,” kata Pakde Karwo, Jumat (30/11/2018).

Ia mengaku mengkhawatirkan keselamatan warganya. Pakde juga menyebutkan alasan larangan itu karena ia tak ingin terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Saya bukan ahli politik, kalau saya tentang kecelakaannya, informasi kesulitan biaya,” ujar dia. Pakde juga mengaku, ia bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dan para kepala daerah kabupaten/kota telah melakukan berbagai hal untuk upaya pencegahan agar warganya tak mengikuti reuni tersebut.

Misalnya saja kata dia, melalui cara pendekatan-pendekatan yang lebih mengutamakan kepentingan bersama dan kemanusian. Namun, dia tidak menjelaskan lebih detail bagaimana teknis pendekatan itu.

“Ada (upaya) dilakukan dengan pendekatan, maksudnya apa membuat deklarasi di sini. Kepala daerah sudah melakukan pendekatan,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar