Jelang Reuni Akbar, Ma’ruf Amin: Gerakan 212 Sudah Bubar

Serang, PANRITA.News – Diberitakan sebelumnya, bahwa dalam waktu dekat, tepatnya 2 Desember 2018, Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) akan menggelar reuni akbar 212 di Monas, Jakarta.

Namun, penyelenggara acara tersebut, dalam hal ini PA 212 dianggap telah tidak jelas arah gerakannya. Hal itu disampaikan oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres), Ma’ruf Amin 

Ia menegaskan bahwa kelompok yang mengatasnamakan gerakan aksi 212 sudah selesai dan bubar. Gerakan tersebut menurutnya hanya bertujuan untuk penegakan hukum saat terjadi polemik Pilkada DKI Jakrta lalu. 

“Buat saya, 212 sudah selesai, itu (persoalan) penegakan hukum. Sudah selesai dan bubar,” kata Ma’ruf Amin saat menghadiri Milad 75 Pesantren Nur El Falah di Petir, Serang, Banten, MInggu (25/11/2018).

Selain itu, menurutnya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) juga sudah selesai. Dua gerakan tersebut menurutnya saat ini telah melenceng pada gerakan politik. Ia sendiri mengaku tidak paham dengan adanya aksi yang mengatasnamakan PA 212.

“GNPF MUI (juga) sudah selesai dan bubar. Yang PA 212 itu yang saya nggak tahu apa. Itu tanya ke mereka,” pungkas Ketua MUI ini.

Sebelumnya, Ma’ruf mengatakan bahwa aksi 212 adalah ia yang membuat dan yang mengeluarkan fatwanya. Gerakan ini dibuat untuk penegakan hukum kasus yang menimpa Ahok.

“Oleh kelompok tertentu dihidupkan lagi, (namanya) PA 212 tidak jelas tujuannya. Ini malah jadi kegiatan politik. Begitu juga dibentuk GNPF ulama, ulamanya mana, fatwanya mana? ini jadi gerakan politik, ini kitta waspadai,” kata Ma’ruf pada Sabtu (24/11/2018) lalu.

Tinggalkan Komentar