Pimpin Deklarasi Keselamatan Transportasi, Gubernur Sulsel Raih Penghargaan dari LEPRI

Makassar, PANRITA.News – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memimpin Deklarasi Keselamatan Transportasi sebagai puncak acara pekan Keselamatan Nasional Keselamatan Transportasi Jalan 2018, di Makassar, Sabtu (24/11/2018).

“Deklarasi ini menjadi momentum untuk lebih mengevaluasi, bagaimana kesiapan pemerintah untuk menyiapkan sistem transportasi yang layak dan jalan yang layak,” kata Nurdin.

Menurutnya, deklarasi ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan sebuah kerja nyata dengan membangun sinergi, dan menghilangkan ego sektoral. Itu semua menurutnya, sebagai langkah membenahi masalah transportasi.

Gubernur mencontohkan kompleksnya masalah keselamatan transportasi di Makassar. Baginya, perlu dilakukan pembenahan lingkungan fisik, misalnya dengan menghadirkan pedestrian yang layak untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan pejalan kaki.“Pedesterian jadi problem, akses pejalan kaki minim,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Nurdin mengungkapkan pihaknya bersama Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto berupaya mengatasi masalah ini. Sehingga, pembangunan dan pemebenahan pedesterian akan menjadi fokus utama untuk pembangunan infstruktur tahun depan.

“Tahun 2019 kita fokus pada pedesterian, sehingga nantinya, orang ke kantor dengan jarak 1-2 km itu ramai-ramai berjalan kaki saja,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap deklarasi keselamatan jalan ini bisa diwujudkan dalam langkah nyata agar bisa meminimalkan kecelakaan di jalan.

Pada kesempatan yang sama, Nurdin juga mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRI) sebagai Pemrakarsa Bidang Keselamatan Transportasi Darat, Udara dan Laut.

Terpantau beberapa tokoh hadir dalam deklarasi tersebut, seperti Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) Kemenhub Bambang Prihartono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur dari Kementerian Perhubungan RI, Ketua DPRD Sulsel  dan anggota DPRD, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, serta bupati dan wali kota se Sulsel, serta Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten dan Kota se-Sulsel.

Tinggalkan Komentar